Sejarah Singkat Jaket Kulit

https://1.bp.blogspot.com/-_ppGW-Asb6A/WLr0oIS1sKI/AAAAAAAAAyo/Mtbpmo3awdwS_p3_S0OuWlgH42zPoLDfwCPcB/s72-c/P64.jpg click to zoom
Ditambahkan Senin, Maret 13, 2017
Kategori Artikel
Harga @Salah satu komoditas andalan dari pengrajin jaket kulit di kabupaten Garut adalah produksi pakaian jadi dari kulit dan jaket kulit sapi da...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Sejarah Singkat Jaket Kulit

@Salah satu komoditas andalan dari pengrajin jaket kulit di kabupaten Garut adalah produksi pakaian jadi dari kulit dan jaket kulit sapi dan jaket kulit domba, yang di kalangan tertentu khususnya di lingkungan bisnis fashion terkenal dengan sebutan "Jaket Kulit Garut" .Jaket Kulit adalah pakaian luar terbuat dari kulit binatang bagi pria atau wanita yan digunakan sebagai pelindung atau baju ragkap untuk melindungi dari cuaca dingin dan angin.
Jaket Kulit bahan dasarnya adalah dari kulit binatang. Yang paling popular digunakan adalah jenis kulit domba, tetapi ada juga yang menggunakan jenis kulit sapi, kulit unta, kulit kerbau, kulit babi dan kulit lainnya. Bahan ini tidak bisa langsung digunakan sebagai jaket kulit tetapi melalui proses pencucian dan pengobatan. Ciri Bahan jaket kulit Asli:

-Jaket kulit asli memiliki tekstur yang tidak homogen/ tidak pernah sama.

-Lebih lentur dari jaket kulit imitasi, dan memiliki tingkat elastisitas yang berbeda beda.

-Tekstur Jaket Kulit asli bahan kulitnya lembut dan halus.

-Jaket kulit asli sejuk ketika digunakan pada siang hari, dan menghangatkan ketika cuaca sedang dingin.

-Jaket kulit asli juga memiliki wangi yang khas dibandingkan dengan jaket kulit imitasi.

-Jaket kulit asli lebih tahan api dan akan menghasilkan abu ketika dibakar, berbeda dengan bahan jaket kulit imitasi     yang akan menghasilkan gumpalan.

-Jaket kulit asli kuat dan tahan lama hingga bertahun-tahun berbeda dengan jaket kulit imitasi yang mudah rusak dan pudar.

-Jaket kulit asli biasanya memiliki harga lebih mahal dikarenakan kerumitan pembuatanya

Jaket kulit terdiri dari beberapa jenis. Berdasarkan bentuk bagi penggunanya antara lain jaket kulit pengendara motor atau jaket kulit biker, jaket kulit penerbang atau jaket kulit bomber, dan jaket kulit kasual

Faktor pendukung terwujudnya sentra industri jaket kulit ini diantaranya adalah ketersediaan bahan baku. Sumber bahan baku di Kabupaten Garut cukup melimpah dengan lokasi yang strategis, berdekatan bahkan menyatu dalam lingkungan sentra industri kecil penyamakan kulit.

Saat ini di sektor industri jaket kulit yang semua bahanya terbuat dari kulit di Kabupaten Garut tergabung 417 unit usaha formal dan non formal, dengan menyerap kurang lebih 3.000 tenaga kerja.  Dalam proses pendataan Dinas Perindustrian Perdagangan dan KUKM Kabupaten Garut pernah tercatat jumlah produksi per tahun Jaket Kulit Mulus adalah sekitar 50.000 potong dan Jaket Kulit Sambung sekitar 200.000 potong.  Adanya permintaan terhadap jaket kulit yang terus meningkat dari daerah di luar Kabupaten Garut (pasaran lokal maupun nasional) seperti dari Bandung, Jakarta atau beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali maupun Sumatera telah mendorong pengrajin jaket kulit di Kabupaten Garut tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan pengrajin kulit di daerah-daerah lainnya.
Selain memenuhi permintaan konsumen lokal dan nasional, Jaket Kulit Garut juga sudah merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, dll.  Data terakhir, jaket kulit Garut diekspor ke Singapura, Malaysia, Taiwan dan Australia dengan volume mencapai 9.488 potong senilai $448.464.  Ini menunjukan peningkatan ekpor yang cukup membaik dimana volume ekspor sebelumnya mencapai 5.100 potong senilai US$258.651,0

Hambatan yang dihadapi adalah teknologi pengolahan untuk percepatan proses produksi dan lemahnya pengendalian kualitas terhadap komoditas barang yang dihasilkan sehingga dapat mempengaruhi kinerja citra komoditas yang sudah terbentuk. Jika hambatan ini tidak diatasi, maka pengrajin kulit Garut akan kalah bersaing dengan pengrajin kulit dari daerah lain yang ironisnya justru mengolah kulit tersamak dari Garut. Saat ini, sebagian besar pengrajin jaket kulit berada di sentra industri kulit Sukaregang di Kecamatan Garut Kota dan Desa-desa di sekitar Kec. Garut Kota.



Komentar

0 Response to "Sejarah Singkat Jaket Kulit"

Posting Komentar